Workshop Persiapan Pencairan Aneka Tunjangan GTK PAUD Semester I Tahun 2019

DIKPORA – Dalam pelaksanaan kebijakan di bidang kesejahteraan, Direktorat PGTK PAUD dan DIKMAS, Ditjen PGTK pada tahun 2019 memiliki program penyaluran aneka tunjangan yaitu Tunjangan Profesi Guru TK Bukan PNS, Tunjangan Khusus Guru TK Bukan PNS, Insenstif Guru TK Bukan PNS dan Insentif Guru KB/TPA/SPS (Aneka Tunjangan). Dalam pelaksanaannya perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian terhadap program penyaluran aneka tunjangan yang telah dan akan dilaksanakan. Dengan dasar itulah, maka dilaksanakan kegiatan workshop Persiapan Pencairan Aneka Tunjangan bagi Guru PAUD Semester I yang berlangsung di Swiss Bell Hotel-Makassar-Sulawesi Selatan (8-10 April 2019). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ruang untuk melakukan verifikasi dan validasi data Aneka Tunjangan bagi Guru PAUD agar pencairannya di Tahun 2019 ini dapat dilaksanakan dengan tepat waktu, jumlah dan sasaran.

 

Dalam sambutannya, Dra. Suhatri, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai media komunikasi langsung untuk memberikan gambaran yang jelas tentang pelaksanaan penyaluran aneka tunjangan Guru PAUD dengan menyampaikan harapan, partisipasi dan komitmen dari para pemangku kepentiingan untuk membantu mengembangkan, melaksanakan dan mengendalikan mekanisme penyaluran aneka tunjangan Guru PAUD serta mendapatkan data yang valid terkait dengan Aneka Tunjangan. Dijelaskan pula bahwa kegiatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik PAUD dan DIKMAs yang bukan PNS dengan dasar hukum yang jelas. Dasar hukum dimaksud adalah (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; (2) Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan sederet undang-undang lainnya. Aturan yang kemudian diterjemahkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dituangkan dalam DIPA Direktorat PGTK PAUD dan DIKMAS Tahun 2019.

 

Hal utama yang ingin dicapai pada kegiatan yang melibatkan 15 Provinsi dengan 105 kabupaten (termasuk Kabupaten Lombok Utara) ini adalah pemantapan data sebagai persiapan pencairan aneka tunjangan bagi Guru PAUD Semester 1 untuk Regional I dalam rangka melaksanakan program pemberian Kesejahteraan Tahun 2019. Secara khusus akan dilakukan melalui beberapa tahapan kegiatan yaitu (1) mengidentifikasi masalah dan mencari solusi atas permasalahan terkait Aneka Tunjangan tahun 2019; (2) melengkapi kekurangan dan validasi nominasi kuota calon penerima insentif Guru KB/TPA/SPS Tahun 2019 dan (3) melengkapi kekurangan memperoleh SPTJM Aneka Tunjangan untuk semester I. Tindakan dilakukan dalam upaya membangun control system dalam pengendalian program kesejahteraan GTK PAUD dan Dikmas pada tahap pelaksanaan dengan harapan dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

 

Pemberian aneka tunjangan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru PAUD ini diharapkan mendapat dukungan baik moril maupun material oleh pihak terkait dan hasilnya dapat dijadikan sebagai penetapan kebijakan dalam menentukan program pembinaan GTK PAUD dan Dikmas pada tahun ini. Dan diharapkan juga agar hasil workshop ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi pihak yang berkepentingan terhadap program pembinaan GTK PAUD dan DIKMAS khususnya dalam rangka pemberian Kesejahteraan Guru PAUD. Semoga ….

 

#FF#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *