MENYAMBUT POLITEKNIK NEGERI LOMBOK UTARA

DIKPORA – Hari kemarin (Kamis, 4 April 2019) Bapak Bupati Lombok Utara (Dr. H. Najmul Akhyar, Sh., MH.,), bersama Gubernur NTB (Dr. Zulkiflimansyah), Bupati Bima (Hj. Indah Damayanti Putri), Rektor Universitas Mataram dan perwakilan UTS bertemu dengan Menteri Ristek dan Dikti (Prof. H. Mohamad Nasir, PH.D.,Ak.) untuk membicarakan ijin Politeknik Negeri Kabupaten Lombok Utara, Politeknik Negeri Bima Dan Politeknik Negeri Sumbawa. Gubernur NTB optimis pertemuan ini akan segera ditindaklanjuti dengan keluarnya ijin untuk ke tiga politeknik Negeri tersebut. Hasil dari pertemuan itu, Gubernur NTB beserta rombongan membawa pulang oleh-oleh berupa hasil pertemuan dengan menteri bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pendirian dan alih status menjadi negeri pada beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Lombok Utara dan di Pulau Sumbawa. “Insyaallah, minggu depan tim Ristekdikti akan berkunjung ke Bima, Sumbawa dan Lombok Utara untuk langsung visitasi dan eksekusi” kata gubernur.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Lombok Utara (Dr. H. Najmul Akhyar) bahwa tim verifikasi Dikti akan segera datang ke Kabupaten Lombok Utara untuk memantau secara langsung sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan agenda dimaksud. Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Sultan-Jakarta hadir juga Sekda Lombok Utara, Kasubag kerjasama Dikpora Lombok Utara dan salah satu dosen vokasi Universitas Mataram, Dr. Swandi. Usulan pendirian dan penegerian kampus di NTB sangat diapresiasi oleh Kemenristekdikti RI. Potensi pendidikan di beberapa titik di Lombok dan Sumbawa dinilai layak menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam kesempatan tersebut, Gubernur bersama rombongan juga mambahas langkah-langkah yang akan diambil unutk percepatan penegerian tiga kampus/Universitas tersebut di NTB. Ketiga kampus tersebut adalah Universitas Negeri Sumbawa (UTS) serta Poltekpar di Kabupaten Lombok Utara dan Bima.

 

Menurut Gubernur, penegerian universitas ini akan mempercepat peningkatan kualitas pendidikan yang ada di daerah tersebut. “Pertemuan yang kami lakukan bersama Rektor Unram, Bupati Bima, Bupati Lombok Utara dan Perwakilan UTS. Agenda yang dibahas pada pertemuan intinya adalah untuk pendirian Poltek Negeri di Bima dan Lombok Utara, serta penegerian UTS. Mudahan dengan hadirnya tiga perguruan tinggi negeri di NTB akan membuat pembangunan manusia kita menjadi lebih baik” harap Gubernur. Beliau menegaskan, tidak akan menunda waktu untuk mewujudkan hal tersebut “kita akan mulai sesegera mungkin, insyaallah minggu depam kita mulai melakukan visitasi, syarat-syaratnya segera akan kita lengkapi” lanjutnya. Gubernur menambahkan bahwa pendirian dan penegerian kampus tersebut memang dipercepat. Namun demikian, pemerintah tetap akan berhati-hati dan memperhitungkan dengan baik dampak yang mungkin akan terjadi. akan kita lihat hasil visitasinya, karena ini juga menyangkut nasib dosen yang sudah ada dan lama berada di universitas dimaksud. “Jangan sampai, proses penegerian sudah dilaksanakan, namun dosen yang sudah mengabdi cukup lama tidak mendapat jaminan kerja” jelas gubernur.

 

Semoga Allah memberikan kemudahan berdirinya politeknik Negeri Lombok Utara, juga politeknik Negeri lainnya, untuk memoerceoat peningkatan kualitas SDM, baik di Lombok Utara maupun di Kabupaten lainnya di NTB.

#FF#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *