Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD Tahun 2019

DIKPORA – PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah suatu upaya pembinaan yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan kepada anak sejak lahir sampai dengan berusia enam tahun. PAUD  bertujuan  untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 28 menyebutkan bahwa (1) pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar; (2) pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal dan/atau informal; (3) pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal (RA) atau bentuk lain yang sederajat dan (4) pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA) atau bentuk lain yang sederajat.

 

Bagi lembaga satuan pendidikan nonformal atau satuan PAUD yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini akan mendapat bantuan dari pemerintah dalam program Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD). Pemerintah akan membantu menyediakan dana biaya operasional non personalia yaitu biaya bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya penyelenggaraan pendidikan tak langsung. Komponen biaya operasional penyelenggaraan PAUD akan diatur sesuai peraturan yang berlaku. Guna memantapkan konsolidasi dan sinergitas terhadap pelaksanaan kegiatan maka diadakan Sosialisasi dan Harmonisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019. Bertempat di Ballroom Hotel Sultan, pada tanggal 1-2 April 2019.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara (Bapak Dr. fauzan, M.Pd), bersama Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara (Ny. Hj. Rohani Najmul Akhyar) beserta bunda PAUD dari 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Lombok Utara juga turut serta dalam kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Mufidah Jusuf Kalla tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Bunda PAUD Lombok Utara menyampaikan apresiasinya dan menyampaikan harapan tinggi terhadap perkembangan PAUD di wilayah Kabupaten Lombok Utara “Kita memberikan dan Menanamkan nilai-nilai luhur dan karakter harus dimulai sejak usia dini. Dan keluarga memiliki peran besar dalam membangun manusia Indonesia  berkarakter, berakhlak mulia dan dan berbudi pekerti  luhur dengan rasa nasionalisme dan kebangsaan yang tinggi,” tandas beliau.

 

Sementara itu, Kepala DIKPORA Lombok Utara menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi seperti yang dilaksanakan pemerintah saat ini sangat penting guna meningkatkan pemahaman Bunda PAUD terkait kerangka kebijakan global dan nasional di bidang PAUD, serta meningkatkan pemahaman peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan PAUD di daerahnya masing-masing terlebih di Kabupaten Lombok Utara nantinya. “Beberapa isu strategis dibahas pada kesempatan tersebut di antaranya isu stunting, program ke depan bagi kemajuan PAUD. Masing-masing pihak dapat menciptakan sinergi peran Bunda PAUD di tingkat provinsi dan Bunda PAUD kabupaten bahkan kecamatan dalam pembinaan layanan PAUD. Mewujudkan kesamaan persepsi dalam pemantapan peran Bunda PAUD” kata Kadis DIKPORA.

 

Peran Bunda PAUD adalah simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Keberadaan Bunda PAUD diharapkan dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam pengembangan PAUD diwilayahnya masing-masing. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Harris Iskandar,  saat membuka sosialisasi ini mengatakan bahwa peran strategis Bunda PAUD antara lain mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD berkualitas. “Bunda PAUD harus dapat memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina, serta pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas. Menggali berbagai sumber daya dana untuk mendukung penyelenggaraan program PAUD berkualitas di wilayahnya melalui sumber dana, memberikan saran, masukan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan atau daerah untuk mendukung pembinaan dan pembiayaan pelaksanaan layanan PAUD berkualitas. Mendorong peningkatan jumlah dan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD (kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, dan perlindungan)

 

Hadir pada kesempatan tersebut Hj Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, Bunda PAUD se- Indonesia dan undangan yang memenuhi Ballroom acara yang bertema sosialisasi dan harmonisasi adalah menetapkan peran Bunda PAUD dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia sejak usia dini.  #FF#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *