Save Our Environment

DIKPORA – Hari ini, Selasa 1 Januari 2019 moment tahun baru. Mencoba menapaki hari pertama dengan kegiatan yang menyenangkan, sekaligus memberikan manfaat jangka panjang bagi segenap penghuni alam. Menanam mangrove (bakau) menjadi pilihan. Kegiatan berlangsung di pesisir Pantai Bintang, Dusun Jambianom, Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

Bersama anggota komunitas atmaGO NTB aktivitas penanaman berlangsung lancar difasilitasi oleh Kelompok Green Light Jambianom. Hampir 100 pohon bakau berhasil ditanam dalam waktu yang tidak terlalu lama. Setidaknya, kita dapat menanam satu pohon untuk memberikan sejuta manfaat bagi dunia.

Beberapa manfaat mangrove menurut literatur yang pernah dibaca antara lain dapat mencegah intrusi air laut. Intrusi air laut merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan. Aktivitas “nakal” air laut ini dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. Di sinilah kemudian mangrove mengambil peranan untuk mengendapkan lumpur di akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan.

Manfaat mangrove yang sangat penting terutama di pesisir pantai Lombok Utara adalah mencegah erosi dan abrasi pantai. Mengingat sebagian besar pesisir pantai juga dijadikan sebagai area tempat tinggal masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai nelayan. Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Hutan mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air.

Di sisi lain, menurut salah seorang teman mangrove juga berperan sebagai pencegah dan penyaring alami. Mangrove dengan akarnya yang rimbun banyak mengandung lumpur. Akar tersebut dapat mempercepat penguraian limbah organik yang terbawa ke wilayah pantai. Selain pengurai limbah organik, hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan diterjen. Sekaligus merupakan penghalang alami terhadap angin laut yang kencang pada musim tertentu.

Rimbunnya tanaman mangrove di pesisir pantai akan menimbulkan suasana nyaman, sekaligus membawa effect positif lainnya yaitu pemanfaatan mangrovesebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi berbagai jenis satwa. Beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting dan siput menyukai wilayah bakau. Akar tongkat pohon mangrove memberi zat makanan dan menjadi daerah nurserybagi hewan ikan dan invertebrata yang hidup di sekitarnya. Ikan dan udang yang ditangkap di laut dan di daerah terumbu karang sebelum dewasa memerlukan perlindungan dari predator dan suplai nutrisi yang cukup di daerah mangrove ini. Satwa darat juga dapat dengan mudah berlindung dan mencari makan di habitat bakau.

10
dad
e
fb_img_154631247472592403055177810740356640
q
img-20190101-wa00128726215311107334852
previous arrow
next arrow

Untuk jangka panjang, selain berperan sangat baik dalam penyerapan zat pencemar udara juga dapat dimanfaatkan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir. Bakau sering dikatakan pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan.

Mengulas faedah mangrove bagi kehidupan tidak selesai dalam sesaat. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mangrove yang memiliki nama latin Rhizophora Racemosa merupakan tanaman pesisir yang kaya manfaat. Kelompok tanaman yang termasuk dalam keluarga Rhizophoraceae ini cenderung bergabung ke jenis tanaman yang cukup luwes dan tidak manja terhadap habitat. Ia dapat hidup dengan subur di wilayah berlumpur, berpasir sampai pecahan batu atau karang. Mulai dari tepi pantai hingga daratan yang mengering.

Mengingat mudah dan bersahabatnya tanaman kaya manfaat ini dalam pembudidayaannya, masyarakat dapat meneruskan kegiatan ini di wilayah masing-masing. Semoga kegiatan positif kita dapat memberikan manfaat untuk keberlangsungan lingkungan dan juga kehidupan manusia secara utuh.

Semoga ….

#FF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *