Prosedur Tarik PTK

SOP-15.-Prosedur-Tarik-PTK.

STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA

Bidang Pembinaan Ketenagaan

15. Jenis Pelayanan : Prosedur Tarik PTK.

 

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
    Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 141 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
  4. Permendikbud No. 79 Tahun 2015 Tentang Data Pokok Pendidikan.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. PTK Dapodik sudah terdaftar.
  2. Fotocopi SK Pengangkatan dari Kepsek/Ketua Yayasan .
  3. Fotocopi SK Pembagian Tugas.
  4. Fotocopi Ijazah/Akta terakhir.
  5. Fotocopi KTP.
  6. Fotocopi Kartu NUPTK (bagi yang sudah punya).

3.

Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan

  1. Prosedur tarik PTK hanya dilakukan oleh operator sekolah jika ada (a) PTK yang mutasi/pindah dari sekolah lain dan (b) PTK menginduk di sekolah lain, dan menambah jam di sekolah tujuan (non-induk)
  2. Prosedur tarik PTK dilakukan oleh sekolah tujuan, dan menarik data dari sekolah asal.
  3. Operator sekolah melakukan tarik PTK di laman: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.
  4. Pada profil sekolah klik menu tarik PTK > Pilih data sekolah asal (provinsi, kab/kota, kecamatan, nama sekolah) > Isi Nama PTK atau NUPTK yang akan ditarik > Pilih PTK > Klik Opsi > Klik Proses Tarik.
  5. Setelah operator sekolah melakukan prosedur tarik PTK diatas, dinas kab/kota/provinsi melakukan proses konfirmasi (approval) dengan login di laman: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.
  6. Pada menu manajemen, Pilih Sub menu Transaksi > Pilih Tarik PTK > Cari PTK yang akan dikonfirmasi > Klik konfirmasi > Beritahu kepada sekolah terkait bahwa proses konfirmasi telah selesai dilakukan.
  7. Untuk bisa menampilkan data hasil tarik PTK di aplikasi dapodikdasmen di sekolah, operator sekolah harus melakukan proses sinkronisasi.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

1 Hari

5.

Biaya

Gratis

6.

Produk Layanan

Prosedur Tarik PTK.

7.

Sarana/ Prasarana atau Fasilitas

Komputer, Meja, ATK, kursi, kendaraan operasional

8.

Kompetensi Pelaksana

Memahami pengetahuan IT/ dapat mengoperasionalkan computer  dan memahami aplikasi dapodik.

9.

Pengawasan Internal

  1. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  2. Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara.
  3. Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  4. Kasi PTK Bidang Dikdas & Paudni
  5. Operator Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara.
  6. Bagian verifikasi.

10.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

  1. Datang ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  2. Melalui Telpon : 085337637431/Operator Kabupaten.

11.

Jumlah Pelaksana

4 orang

12.

Jaminan Pelayanan

Melayani dengan Ramah, Transparan dan Profesional

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Tarik PTK.

14.

Evaluasi Kerja Pelaksana

1 bulan

*****