Prosedur Penambahan PTK Baru

SOP-14.-Prosedur-Penambahan-PTK-Baru.

STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA

Bidang Pembinaan Ketenagaan

14. Jenis Pelayanan : Prosedur Penambahan PTK Baru.

 

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 141 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
  4. Permendikbud No. 79 Tahun 2015 Tentang Data Pokok Pendidikan.

2.

Persyaratan Pelayanan

1.       Formulir Isian Data PTK Dapodik.

2.       Fotocopi SK Pengangkatan dari Kepsek/Ketua Yayasan.

3.       Fotocopi SK Pembagian Tugas.

4.       Fotocopi Ijazah/Akta terakhir.

5.       Fotocopi KTP.

6.       Fotocopi Kartu NUPTK (bagi yang sudah punya).

3.

Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan

  1. Prosedur tambah PTK dilakukan oleh dinas kab/kota/provinsi melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.
  2. Jika sekolah tersebut berstatus sekolah swasta, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Pengangkatan dari kepala sekolah/yayasan.
  3. Jika sekolah yang akan menambahkan PTK Baru berstatus sekolah negeri, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Penugasan/Pengangkatan dari dinas kab/kota/provinsi.
  4. Selanjutnya petugas dinas kab/kota/provinsi mengecek analisis kebutuhan guru di wilayahnya masing-masing melalui aplikasi SIM Rasio Guru. Seluruh kewenangan dalam prosedur penambahan PTK Baru diberikan kepada dinas kab/kota/provinsi setempat.
  5. Petugas dinas kab/kota/provinsi menambahkan PTK Baru melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen.
  6. Petugas dinas kab/kota/provinsi memberi informasi kepada sekolah bahwa proses tambah PTK Baru telah selesai dilakukan.
  7. Untuk bisa menampilkan data hasil tarik PTK di aplikasi dapodikdasmen di sekolah, operator sekolah harus melakukan proses sinkronisasi.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

1 Hari

5.

Biaya

Gratis

6.

Produk Layanan

Prosedur Penambahan PTK Baru.

7.

Sarana/Prasarana atau Fasilitas

Komputer, Meja, ATK, kursi, kendaraan operasional

8.

Kompetensi Pelaksana

Memahami pengetahuan IT/ dapat mengoperasionalkan computer  dan memahami aplikasi dapodik.

9.

Pengawasan Internal

  1. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  2. Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara.
  3. Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  4. Kasi PTK Bidang Dikdas & Paudni
  5. Operator Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara.
  6. Bagian verifikasi.

10.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

  1. Datang ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  2. Melalui Telpon : 085337637431/Operator Kabupaten.

11.

Jumlah Pelaksana

4 orang

12.

Jaminan Pelayanan

Melayani dengan Ramah, Transparan dan Profesional

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Penambahan PTK Baru

14.

Evaluasi Kerja Pelaksana

1 bulan

*****