POLITEKNIK NEGERI LOMBOK UTARA SEGERA DIBANGUN

DIKPORA – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Lombok Utara dengan didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc bersama Anggota DPR-RI Komisi VII Dr. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc dalam rangka meninjau pembangunan Politeknik Negeri yang berlokasi di Dusun Amor-Amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Senin (15/4). Kedatangan Menristekdikti di Lombok Utara tersebut, di sambut langsung oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH. dengan pengalungan selendang disertai iringan alat musik tradisional “Gendang Beleq“. Pada Minggu lalu, ia juga sudah bertemu dengan Gubernur NTB, Bupati Lotara dan Bupati Bima, untuk mendiskusikan rencana pembangunan kampus. Bahkan pada saat itu, dirinya menugaskan langsung Dirjen Kelembagaan dan Direktur Pembina untuk mengecek langsung persyaratan yang harus dipenuhi. “Jika persyaratannya sudah dipenuhi semua, kita tinggal laporkan ke Presiden, agar bisa menjadi PT. Dan pembiayaan nanti ditanggung pemerintah pusat melalui Menristekdikti,” jelasnya. Pembangunan ini sangatlah penting untuk mempersiapkan SDM lebih baik lagi. Tentu dosennya juga nanti harus mantap, supaya lulusan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan industri sesuai bidang masing-masing. “Saya apresiasi upaya yang dilakukan pak Bupati ini, demi mewujudkan Politeknik Negeri KLU. Kalau persyaratan sudah lengkap, kita bisa dipercepat pembangunannnya dan mudah-mudahan ini segera terwujud,” imbuhnya. Setelah semua persyaratan terpenuhi, Mohamad Nasir akan segera melaporkan ke Presiden untuk ditindaklanjuti agar menjadi Perguruan Tinggi Negeri sehingga bisa di danai oleh pemerintah pusat dibawah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi kedepannya.

 

Kunjungan Menristekdikti yang dirangkai dengan acara Seminar Pendidikan Nasional itu, dihadiri juga oleh Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH, M.Hum., Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara H. Burhan M. Nur, SH., para Kepala OPD Lingkup Pemerintah kabupaten Lombok Utara, Guru-guru Sekabupaten Lombok Utara, dan para Mahasiswa Vokasi Unram Lombok Utara. Dalam kunjungannya, Mohamad Nasir mengatakan, sudah waktunya dilakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Lombok Utara. Menurutnya, Presiden sudah menginstruksikan langsung kepadanya untuk melakukan pembangunan infrastruktur sebagai fasilitas penunjangnya. “Tentu untuk melakukan pengembangan SDMnya nanti, kita akan tekankan melalui pendidikan vokasi di bidang Politeknik,” ungkapnya. Untuk pengembangan SDM ini, sangat diutamakan wilayah tertinggal dan terluar dengan tujuan untuk mendorong perkembangan sumber daya manusia terutama di Provinsi Nusa Tenggara Barat.. Apalagi di NTB sampai saat ini belum memiliki pendidikan di bidang politeknik. Karena itu pihaknya memberikan perhatian khusus kepada NTB, mendorong pengembangan SDM dengan meningkatkan kualitas pendidikan politeknik.

 

Sementara itu, Gubernur Provinsi NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc juga berpesan langsung kepada Dr. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc selaku anggota DPR-RI Komisi VII untuk tetap mengawal Pembangunan Politeknik Negeri Lombok Utara agar penerimaan mahasiswa bisa diwujudkan pada tahun ini mengingat ada target yang diberikan oleh Menristekdikti kepada Unram agar akreditasi institusinya untuk menjadi A. Gubernur NTB Dr. Zulkifliemansyah mengapresiasi Menristekdikti yang saat ini meluangkan waktunya untuk berkunjung ke KLU. Tentu hal ini juga tidak terlepas dari lobi yang dilakukan bupati. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerendahan beliau, persyaratannya sudah hampir tuntas, tinggal restunya saja. Mudah-mudahan apa yang diimpikan oleh kita semua, tahun ini kehadiran Poltek Negeri di Lombok Utara menjadi nyata. Apalagi saya dengar persyaratannya hampir semua sudah ok, tanahnya juga ok, tinggal restu dari pak Menteri yang ingin kita dengar langsung hari ini” tutur Gubernur.

 

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH dalam sambutannya mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk sama-sama bersyukur dan berterima kasih dimana melalui Menristekdikti, cita-cita dan keinginan yang sudah lama di impikan, percepatan pembangunan Pendidikan Tinggi di Lombok Utara bisa terealisasi. Bupati berharap dengan berdirinya Politeknik Negeri Lombok Utara tersebut, bisa menjadi salah satu tempat untuk mengkader dan mendidik anak-anak Lombok Utara ataupun anak-anak seluruh Indonesia untuk belajar sesuai dengan pilihan ilmu yang akan diperoleh di Politeknik Negeri Lombok Utara tersebut. “Mudah-mudahan dengan apa yang dilakukan, dan saat ini kita rasakan bersama, mudah-mudahan ini menjadi satu keberkahan bagi kita masyarakat Kabupaten Lombok Utara” Harap Bupati. Disampaikan juga bahwa untuk persyaratan izinnya saat ini pihaknya sedang mempercepat kepengurusannya. Sebab yang menjadi tanggung jawab daerah adalah menghibahkan tanah aset daerah ke pusat. Setelah itu dirinya berharap seluruh pembangunannya dilakukan oleh pusat. “Izinnya ini akan keluar sekitar 4 sampai 5 bulan ke depan. Karena itu, sekarang kita sudah membentuk tim untuk mengawal persolan ini agar secepatnya bisa diselesaikan,” katanya.  Najmul mengutarakan, keinginannya untuk membangun Politeknik sudah cukup lama direncanakan. Secara langsung dirinya menyampaikan proposal itu kepada Presiden. Support Gubernur NTB menjadi salah satunya, sehingga bisa terwujud. “Alhamdulillah, ini suatu kesyukuran, bisa memelihara Politeknik untuk dijadikan tempat untuk mendidikan anak-anak di Lotara maupun dari luar,” syukurnya.

 

Mari Kita berdoa bersama supaya segera terwujud perguruan tinggi negeri di Lombok Utara.

 

Sumber: berbagai media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *