Penanganan Surat Masuk

SOP-18.-Prosedur-Penanganan-Surat-Masuk

STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA

Bidang Pembinaan Ketenagaan

18. Jenis Pelayanan : Prosedur Penanganan Surat Masuk.

 

No.

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 92 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang– Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik;
  2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia no 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia no 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.
  4. Peraturan Bupati Lombok Utara nomor 12 Tahun 2016 tentang Kedudukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Utara.

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Kepala Bidang                       : SI/S2
  2. Kepala Seksi                          : SI
  3. Pengadministrasi Umum       : SMA/SMK
  4. Caraka                                   :  SMA/ SMK

3.

Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan

  1. Menerima Berkas/Surat
  2. Meregestrasi surat masuk Kedalam Buku Surat Masuk, membuat lembar pengantar surat dan disampaikan kepada Sekretaris Dinas
  3. Menerima dan membuat disposisi atas surat yang masuk dan disampaikan kepada Kepala Dinas
  4. Mempelajari surat masuk, jika tidak setuju untuk ditindaklanjuti dikembalikan kepada Sekretaris Dinas untuk diarsipkan, jika setuju untuk ditindaklanjuti membuat disposisi untuk menindaklanjutinya sesuai dengan peruntukan surat tersebut dan disampaikan kepada Sek Dinas
  5. Menerima dan mempelajari surat masuk yang sudah didisposisi Kepala Dinas, selanjutnya memerintahkan pengadministrasi umum untuk mendistribusikan kepada bidang.
  6. Menerima surat masuk yang sudah didisposisi, selanjutnya didistribusikan kepada bidang.
  7. Kepala Bidang Pembinaan memproses disposisi Kepala Dinas

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

1 Jam

5.

Biaya

Gratis

6.

Produk Layanan

Prosedur Penanganan Surat masuk

7.

Sarana/ Prasarana atau Fasilitas

  1. Buku tentang Pedoman Tata  Kearsipan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.
  2. Buku Agenda
  3. Lembar Disposisi
  4. Kartu kendali masuk
  5. ATK

8.

Kompetensi Pelaksana

Memahami pengetahuan tentang komunikasi.

9.

Pengawasan Internal

  1. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  2. Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara.
  3. Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  4. Kasi PTK Bidang

10.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

  1. Datang ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Utara
  2. Melalui Telpon : 085337637431/Operator Kabupaten.

11.

Jumlah Pelaksana

2 orang

12.

Jaminan Pelayanan

Melayani dengan Ramah, Transparan dan Profesional

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Tertanganinya Surat Keluar, Agenda surat

14.

Evaluasi Kerja Pelaksana

1 jam

*****