Literasi TIK memperkuat Gerakan Kembali ke Khittah Pendidikan Kabupaten Lombok Utara

Bimbingan Teknis Pemanfaatan Jejaring TIK untuk Pendidikan merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan Pustekkom Kemdikbud. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru Non TIK di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Materi yang disajikan dalam bimtek ini adalah Google Apps yang meliputi Chrome, Gmail, Drive, Doc dan Form. Materi yang lain berupamateri tentang pengelolaan blog untuk pembelajaran. Untuk menambah pengetahuan dalam proteksi web, juga disajikan materi tentang internet sehat dengan aplikasi K9 Web Protection.

Materi ini memperkuat materi Gerakan Kembali ke Khittah Pendidikan pada aspek Pengembangan potensi peserta didik secara utuh melalui kegiatan Literasi (membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara) dan Literasi TIK. Literasi TIK adalah Kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam Mendefinisikan(Define), Mengakses(Access), Mengelola(Manage), mengintergrasikan(integrate), Mengevaluasi(evaluate), Menciptakan (create) and Mengkomunikasikan(communicate) Informasi secara baik dan legal dalam rangka membangun masyarakat berpengathuan.

Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari tentunya ini sangat menguntungkan guru sebagai nilai tambah dalam kompetensi dibidang TIK. Semoga bimbingan teknis ini dapat menjadi langkah baik dalam memajukan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Lombok Utara pada khususnya.

Berikut kesan dari peserta pelatihan:

“Kami banyak mempelajari hal-hal baru di bidang internet terutama terkait blog , google form dan sebagainya yang sangat bermanfaat untuk di terapkan pada pembelajaran nantinya. Ini sekaligus membuka wawasan kami tentang betapa penting dan bermanfaatnya TIK bagi dunia pendidikan dan kami sebagai guru khususnya. Satu kata, mantap”.

“Pelaksaan Bimtek pemanfaatan Jejaring TIK yang dilaksanakan oleh BALAIMEDIA.TV ini sangat sangat menyenangkan. Selain itu juga pelaksanaan Bimtek ini memiliki banyak manfaat terutama bagi guru guru yang tidak memiliki latar belakang TIK. Melalui kegiatan ini kami bisa mengetahui lebih banyak pengetahuan tentang istilah TIK seperti Goole Drive, Google Docs, dan Google Forms” (HA KA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *