RENCANA PELAKSANAAN O2SN LOMBOK UTARA

DIKPORA – O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Tingkat Kabupaten Lombok Utara adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga antar siswa SD/SMP atau yang sederajat dalam lingkup wilayah Kabupaten Lombok Utara. Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan telah berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik.

 

Peningkatan kondisi kesehatan dapat ditunjang melalui beberapa kegiatan antara lain, melalui bidang olahraga. Kegiatan yang lebih mengarah pada proses pembelajaran telah dilaksanakan di sekolah-sekolah melalui program-program yang telah tertuang pada kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Untuk menyemarakkan, memotivasi dan memberdayakan sekolah perlu didukung suatu wadah yang menampung kegiatan tersebut dalam bentuk pertandingan/perlombaan. Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan/perlombaan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas. Untuk itu Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara, memprogramkan kegiatan O2SN yang diselenggarakan secara berjenjang dari sekolah hingga tingkat kabupaten sekaligus memilih siswa terbaik untuk mengikuti O2SN Tingkat Provinsi maupun Nasional.

 

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan adalah (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; (2) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; (3) Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan; (4) Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan; (5) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan; (6) Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti; (7) Peraturan Daerah No.6 Tahun 2018 tentang APBD Kabupaten Lombok Utara Tahun 2019 dan (8) Peraturan Bupati No.48 Tahun 2018 tentang Penjabaran APBD Lombok Utara Tahun 2019. Kegiatan yang digelar dengan tema Membentuk Karakter Unggul Peserta Didik yang Berprestasi memiliki tujuan untuk (1) meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga; (2) meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif; (3) meningkatkan kesehatan jasmani; (4) meningkatkan mutu akademis; (5) menciptakan kondisi kompetitif secara sehat; (6) melatih sportivitas dan tanggung jawab; (7) mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga dan (8) meningkatkan rasa pesatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia pada umumnya dan khususnya  Lombok Utara.

 

Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang sudah berhasil pada seleksi yang dilaksanakan di tingkat kecamatan merupakan sasaran utama pelaksanaan O2SN yang akan diselenggarakan di GOR Kecamatan Pemenang dari tanggal 28 sampai 30 April 2019. Hal yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah (1) adanya peningkatan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis: (2) terpilihnya siswa terbaik pada setiap cabang olahraga, yang nantinya menjadi duta Kabupaten LombokUtara untuk mengikuti O2SN Tingkat Provinsi dan (3) terjalinnya rasa kesatuan dan persatuan antar siswa  se-Kabupaten Lombok Utara. Adapun cabang olahraga yang dilombakan/dipertandingkan pada tingkat Sekolah Dasar antara lain bulu tangkis, karate, pencak silat, kids atletik, renang, senam, tenis meja, catur, volly mini, sepak bola mini dan sepak takraw. Sementara untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (sederajat) adalah bulu tangkis, atletik, karate, pencak silat, renang, volly ball dan catur.

 

Seluruh rangkaian kegiatan O2SN ini didanai dari Anggaran DIPA DINAS DIKPORA KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2019. Keseluruhan jumlah peserta/kontingen yang mengikuti kegiatan terdiri dari (1) atlet Sekolah Dasar sebanyak 180 orang; (2) atlet Sekolah Menengah Pertama sebanyak 150 orang; (3) pengawas lapangan SD-SMP sebanyak 10 orang; (4) offisial/pendamping SD sebanyak 60 orang; (5) official/pendamping SMP sebanyak 45 orang; (6) juri/wasit untuk kegiatan O2SN di tingkat SD sebanyak 60 orang dan (7) juri/wasit untuk jenjang pendidikan SMP sebanyak 45 orang. Seluruhnya berjumlah 550 orang partisipan.

 

##FF##

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *