Koordinasi Pelaksanaan PPG

DIKPORA – PPG (Pendidikan Profesi Guru) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1 (2 semester) setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG juga dimaksudkan sebagai program pengganti akta IV yang tidak berlaku mulai tahun 2005. Usai menempuh pendidikan ini, peserta tidak akan mendapatkan gelar apa pun seperti gelar para sarjana pada umumnya. Diberlakukannya program PPG sekaligus menjadi akhir program PLPG yang wajib diikuti guru untuk memperoleh sertifikat pendidik. Harapannya kompetensi dan profesionalisme guru benar-benar lebih terjamin dengan menjalani masa pendidikan selama 2 semester atau 1 tahun. Program ini berlaku bagi yang ingin menjadi guru baik sarjana dari fakultas pendidikan, maupun non pendidikan.

ojanPelaksanaan PPG untuk tahun 2019 sudah dibahas selama 3 hari di Hotel Prime Plaza Hotel Sanur-Bali (tanggal 6-8 Februari 2019). Kegiatan dimotori oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repubik Indonesia melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dengan menghadirkan perwakilan pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota) se-Indonesia. Agenda utama pembahasan adalah koordinasi pelaksanaan PPG Dalam Jabatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dan menginformasikan data pembiayaan di lingkungan pemeritnah daerah (sharing pembiayaan antara pemerintah pusat dan daerah).

Penetapan peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2019 diawali dengan seleksi administrasi calon peserta PPG Dalam Jabatan yang telah dinyatakan lolos seleksi akademik (sudah dilaksanakan sejak Oktober tahun 2018). Seleksi administrasi dilakukan melalui verifikasi dan validasi berkas persyaratan administrasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Selanjutnya guru dapat melihat progres hasil verifikasi dan validasi serta pengumuman penetapan peserta PPG Dalam Jabatan melalui laman sergur.id. 

Ketentuan berikut tentang pelaksanaan PPG Tahun 2019 dapat diperhatikan lebih lanjut pada Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan No 0448/B.B4/GT/2019 Tentang Penetapan dan Konfirmasi Peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 Tahun 2019.

Semoga bermanfaat ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *