DUA SISWA SMKN 1 GANGGA WAKILI LOMBOK UTARA DI AJANG AHMBS NTB

DIKPORA KLU – Kegiatan AHMBS (Astra Honda Motor Best Student) merupakan ajang yang digelar oleh PT. Astra Honda Motor untuk mencari pelajar berbakat yang memiliki kreatifitas dan inovatif dalam berbagai bidang. Dengan mengusung tema Satu Hati Meraih Prestasi Pelaksanaan AHMBS di tahun 2021 menetapkan empat kategori lomba, yaitu (1) pendidikan dan kebudayaan; (2) kepedulian lingkungan dan kesehatan; (3) pemberdayaan ekonomi dan UMKM dan (4) inovasi dan teknologi. 

Proses seleksi yang dilakukan tidak main-main dan terbilang cukup ketat. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menemukan pemenang yang memang benar-benar memenuhi semua kualifikasi yang sudah ditetapkan. Setelah mendaftar, peserta seleksi harus sudah memiliki papers atau karya tulis yang menggambarkan secara ilmiah tentang inovasi atau kreatifitas yang  diajukan dalam lomba. Selanjutnya, peserta yang terpilih dalam seleksi pertama (karya tulis) berdasarkan kategori, diminta menyiapkan materi presentasi, video ide/gagasan serta dokumen pendukung  lainnya. Untuk maksud tersebut, pihak PT. Astra Honda Motor sudah menyiapkan dewan juri dari berbagai elemen, termasuk perguruan tinggi. Presentasi dilakukan peserta secara bertahap, mulai dari tingkat main dealer, area regional hingga nanti seleksi final di tingkat nasional. 

AHMBS tahun 2021 untuk tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat diikuti 9 (sembilan) orang peserta yang merupakan hasil penjaringan di tingkat kabupaten. Dua diantara 9 peserta ini adalah siswa yang saat ini sedang aktif belajar di SMK Negeri 1 Gangga atas nama Radian Gilang Subak dan Juliandi. Siswa kreatif atas nama Radian Gilang Subak hadir dalam ajang kreatifitas AHMBS 2021 dengan mengusung inovasi hebat yang tersusun rapi dalam karya ilmiah berjudul Pemindai Cairan Droplet Bersin pada Tangan Manusia sebagai Deteksi Awal Pencegahan Penyebaran Covid-19. Karyanya termasuk dalam kategori kepedulian lingkungan dan kesehatan. Sementara Juliandi mengusung karya ilmiah inovatif yang berjudul Instalasi Sistem Kelistrikan Smart KWH Meter pada Bangunan RTG di Kabupaten Lombok Utara. Inovasi yang saat ini memang sedang sangat dibutuhkan oleh pemerintah maupun masyarakat. Sehingga, perlu ditindaklanjuti dalam skala yang lebih besar lagi, ditunjang riset yang tentu lebih maksimal didampingi pembimbing profesional, seperti para pendidik di lingkup SMKN I Gangga dan dapat juga menghadirkan pembimbing lainnya jika diperlukan. Peserta lain berasal dari  Kabupaten Lombok Timur (5 orang), Lombok Tengah (1 orang) dan Sumbawa (1 orang).

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lombok Utara, Dr. Fauzan, M.Pd. menyampaikan apresiasi tinggi terhadadp kegiatan edukatif yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor. Kegiatan seperti AHMBS sangat penting dan dibutuhkan dunia pendidikan, terlebih dalam era pandemi Covid-19 sehingga kemampuan berpikir dan berkarya generasi tetap terpelihara dan tersalurkan pada wadah positif meski pun kegiatan pembelajarannya sebagian besar dijalani dari rumah. Dr. Fauzan, M.Pd. juga menyampaikan terima kasih kepada pihak satuan pendidikan yang telah membimbing peserta didiknya hingga mampu menunjukkan eksistensi di ajang bergengsi seperti AHMBS.

Terima kasih kepada segenap pembina pendidikan di SMKN I Gangga atas upaya mereka mendidik para siswanya untuk menjadi calon-calon ilmuwan masa depan dan terdepan dalam kemampuan research. Suatu kemampuan yang sangat diperlukan untuk memajukan ilmu dan pengetahuan ke depan. Jika semua guru ikhlas dan bersemangat untuk terus menerus mendidik para siswanya dengan didikan terbaik, kita optimis Lombok Utara ini akan menjadi daerah terdepan, tidak hanya di Nusa Tenggara Barat dan Indonesia, bahkan hingga tingkat dunia. Dan, Lombok Utara sudah membuktikan hal tersebut.*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *