DIKPORA KLU: SIMPEL SAJA

DIKPORA KLU – Peningkatan kualitas pada pelayanan di Bidang Pendidikan terus diupayakan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara melalui berbagai upaya. Inovasi dan kreativitas perangkat pemerintahan harus dikembangkan maksimal untuk mewujudkan hal tersebut didukung sumber daya yang dimiliki, baik dalam bentuk sumber daya financial maupun manusia. Bidang Pendidikan adalah salah satu bidang yang dapat dikatakan seluruh waktunya terisi oleh pelayanan kepada masyarakat, mengingat bidang ini bersama dengan bidang Kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Menyadari hal tersebut, maka pelayanan terhadap masyarakat (sebagai pelanggan dan pengguna pendidikan) harus dijadikan sebagai prioritas utama, karena generasi Lombok Utara di masa mendatang akan dilahirkan dari proses pendidikan yang dilakukan saat ini. Tantangan terbesar pendidikan adalah mewujudkan pelayanan yang bermutu terhadap pelanggannya. Dalama ilmu Manajamen Pendidikan, orientasi tersebut dikenal dengan sebutan customer satisfaction yang menggambarkan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan jasa yang mereka dapatkan dari produsen (DIKPPORA KLU). Dengan kata lain, customer satisfaction memiliki keterkaitan yang erat dengan bahagia atau tidaknya, senang atau tidaknya para pelanggan/pengguna pendidikan terhadap pelayanan yang diberikan.

Menjawab tantangan tersebut, DIKPORA KLU menerapkan pendekatan inovatif dalam pelayanan yang dikenal dengan sebutan SIMPLE SAJA (Sistem Pelayanan Satu Jam). Kepala Dr. Fauzan, M.Pd (Kepala Dinas DIKPORA LOmbok Utara) menyampaikan bahwa ada sejumlah hal penting yang dijadikan sebagai pertimbangan dalam meluncurkan inovasi ini terutama adalah kondisi geografis daerah Lombok Utara, dimana masyarakat pengguna pendidikan dan membutuhkan pelayanan dari DIKPORA KLU tidak hanya yang berasal dari wilayah yang lokasinya berdekatan dengan kantor dinas, tetapi juga dengan radius yang cukup jauh. Kedua, melakukan penataan birokrasi, agar pegawai tidak lalai terhadap tugas dan kewajibannya dan masyarakat juga dapat terlayani dengan cepat guna efisiensi dan efektivitas. Ketiga, menghindari adanya penyelesaian masalah yang berlarut terhadap suatu hal yang diinginkan oleh masyarakat serja sejumlah pertimbangan lainnya.

Guna lebih mempatenkan inovasi yang dilakukan, maka pada hari Rabu, 11 Juni 2021 dilakukan Launching Program Inovasi Pelayanan Prima di kantor DIKPORA Lombok Utara. Acara dihadiri oleh Bupati Lombok Utara. Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan agar segenap perangkat di DIKPORA untuk lebih giat lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tidak berhenti berinovasi dalam segala kegiatan yang memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan dan generasi Lombok Utara pada khususnya. *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *