BIMTEK Pengelola Perpustakaan Sekolah

DIKPORA – Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan didirikannya Negara Republik Indonesia. Pendidikan merupakan hak untuk seluruh anak bangsa, baik pendidikan melalui jalur formal maupun pendidikan sebagai sektor prioritas dalam pembangunan. Pendidikan formal sangat berhubungan dengan sekolah. Saat ini sekolah dituntut untuk menyediakan ekosistem terbaik yang dapat mendukung tumbuh kembangnya anak, salah satu ekosistem tersebut adalah perpustakaan sekolah. Daoed Joesoef (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 1978-983) menyatakan bahwa guna perkembangan logika peserta didik maka harus dibiasakan membaca berbagai bacaan yang dapat memberikan kebaikan/pengetahuan bagi dirinya. Untuk itu, sekolah wajib memfasilitasi melalui perpustakaan sekolah dan program sekolah terkait.

 

Perpustakaan merupakan sebuah lembaga atau intitusi sosial yang dikelola secara profesional. Pengelolaan secara profesional berarti memenuhi kriteria yang terdapat pada sebuah standar yang berlaku, baik perpustakaan maupun tenaga pengelolanya. Tugas Perpustakaan (Nasional dan Daerah) sebagai lembaga pemerintah non-kementrian (LPNK) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan untuk membina perpustakaan dan tenaga perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah.

 

Salah satu hal yang perlu mendapat perhatian serius menurut Kepala Dinass DIKPORA Kabupaten Lombok Utara (Dr. Fauzan, M.Pd) adalah bagaimana mengelola perpustakaan (terutama perpustakaan sekolah) agar dapat membangkitkan motivasi membaca pada anak didik. Selama ini Indonesia diklaim memiliki infrastruktur untuk membaca yang lebih baik dari yang dimiliki oleh Jerman akan tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga tingkat kegemaran membaca Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara yang ditelaah melalui riset Most Littered Nation in the World oleh Central Connecticut State University (2016). Amanat tersebut disampaikan Kepala Dinas pada saat pelaksanaan Bimbingan Teknis untuk pengelola perpustakaan sekolah (SD/MI) yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 18 Maret 2019.

 

Paparan lengkap yang disampaikan oleh Kepala Dinas DIKPORA Kabupaten Lombok Utara pada kegiatan dimaksud dapat diunduh di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *